Loading...

Senin, 27 September 2010

Cara Format Flashdisk yang corrupt tidak bisa di Format

Menjengkelkan memang kalau flashdisk tiba tiba corrupt dan tidak bisa diformat. Saya pernah mengalami masalah itu. Bagaimana mengatasinya? Saya browsing kesana kemari dan akhirnya menemukan banyak solusi. Ini kemudian saya tulis lagi bagi Anda yang mungkin mengalami kisah yang sama dengan saya.

Flash disk yang corrupt dan tidak bisa diformat dari windows atau windows mendeteksi kapasitasnya 0 MB dan mengeluarkan pesan untuk memformatnya. Atau mau menghapus file dibilang write protected.

Dicoba untuk di format gagal juga.
Mungkin masih dapat diperbaiki. Ini ada cara olesan dikit melalui dos system dan cara ke dua dengan software, bagaimana caranya? nah mari kita ikuti bersama-sama

Membetulkan dengan cara CHKDSK dan juga kita Format lewat Dos Prompt:
  1. Pertama-tama kita masuk terlebih dahulu ke DOS Prompt yang ada pada Windows XP lalu selanjutnya kita ketikan CHKDSK /F Drive letter : (chkdsk /f v
  2. Setelah proses memeriksa Check Disk (CHKDSK) telah berakhir, silahkan kita hapus semua data yang tersimpan dalam Flash Disk, perintah nya adalah “Del drive letter:*.*”(tanpa tanda petik). Contoh perintah menghapus data didalam Flash Disk di drive V: DEL V:*.*
  3. Silahkan coba lagi format menggunakan perintah Dos Promt. Format V:
  4. kita bisa juga menggunakan cara lain, yaitu dengan Computer Management, silahkan perhatikan volume yang ada pada drive V, kemudian kita akan melakukan format. Namun jika tetap muncul pesan error, coba kita booting ulang komputer nya.
Langkah 1




Langkah 2
Langkah 3.4

Hasil
Flashdisk kita akan corrupt. metode pada penjelasan tadi adalah cara untuk membetulkan flashdisk kita yang sudah corrupt dan flashdisk kita juga telah terkena file protect sewaktu kita mau copy-paste (transfer file) serta flashdisk kita gak bisa di format.
Sesudah Flash Disk nya kita format, namun pesan error masih muncul, coba kita booting ulang komputer kita yang tujuan nya agar komputer kita dapat ter-refresh dan agar Windows XP dapat mendeteksi FlashDisk kita.
Namun jika masalah belum juga bisa teratasi, coba ulangi lagi langkah dari awal, Tapi jika masih gagal juga, berarti cara yang sudah saya jelaskan tidak berlaku lagi untuk membetulkan level kerusakan flashdisk anda.
Memang masalah Flash Disk Write Protect kadang-kadang cuma muncil di komputer-komputer tertentu saja, namun di komputer lain ada kemungkinan masih bisa.
Hal lain mungkin saja terjadi bila cara di atas ternyata tidak berfungsi sama sekali.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar